Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Gambar Teknik. Penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas X Program DPIB di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan berganda dan lembar penilaian keterampilan. Dari hasil penelitian pada siklus I bahwa hasil belajar siswa untuk nilai pengetahuan dan keterampilan rata-rata 82,08 pada kategori baik ,dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 76,67% (23 orang). Sedangkan hasil belajar pengetahuan dan hasil belajar keterampilan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,28 dan persentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan siswa 100% (30 orang). Hasil belajar pengetahuan dan keterampilan siswa pada siklus I dan II masing-masing mengalami peningkatan sebesar 23,33%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajuan hipotesis penelitian diterima, hal ini ditandai dengan penerapan model pembelajararan Student Facilitator and Explaining (SFE) pada mata pelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.