PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI SISTEM KOLOID BERBASIS GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS XI SMA
Main Author: | Sari, Sri Adelila |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/39694/2/Text.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39694/1/Similaritas.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39694/3/Reviewers.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39694/ http://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/view/16226 |
Daftar Isi:
- Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah ketidakaktifan siswa dalam membuat catatan pembelajaran secara mandiri. Hal ini juga disebabkan kurangnya minat belajar siswa terhadap materi-materi yang bersifat konsep dan abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis guided note taking (HGNT) pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yaitu: (i) define, (ii) design, (iii) development, dan (iv) disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan HGNT yang telah dikembangkan adalah lembar validasi, sedangkan pada tahap diseminasi, diukur hasil belajar dan respon siswa menggunakan tes objektif dan angket. Penelitian dilakukan di SMA Swasta Budisatrya Medan di kelas XI IPA 1. Validasi media dan respon siswa dianaliasis menggunakan rumus persentase, sedangkan hasil belajar menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa HGNT yang telah dikembangkan memperoleh kriteria sangat layak. Sedangkan hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan kategori sedang & tinggi. Selain itu, respon siswa terhadap HGNT menunjukkan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa HGNT yagn telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran kimia pada materi sistem