Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Chemopoly Game pada Materi Struktur Atom untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media, aktivitas siwa, dan ketuntasan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE, yaitu (i) Analysis, (ii) Design, (iii) Development, (iv) Implementation, dan (v) Evaluation dengan menggunakan metode kualitatif. Uji coba penelitian dilakukan di SMAN 4 Banda Aceh di kelas X IA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media chemopoly game mendapatkan validitas dengan kelayakan berdasarkan 3 aspek yaitu, aspek tampilan media, aspek pembelajaran dan aspek isi dengan persentase berturut-turut 95%, 89,5% dan 96,8%. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang validator yaitu 2 orang dosen Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala. Uji coba siswa terhadap pengembangan media chemopoly game untuk aktivitas siswa tergolong aktif dengan persentase rata-rata 93%. Ketuntasan belajar siswa diperoleh sebesar 79,3%. Berdasarkan deskripsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media chemopoly game layak digunakan dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran dengan materi struktur atom.