Pengembangan Handout Berbasis Guided Note Taking Pada Materi Koloid Kelas XI MAN Banda Aceh 1Tahun Pelajaran 2015/2016

Main Author: Sari, Sri Adelila
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/39689/3/Text.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39689/1/Similaritas.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39689/2/Reviewers.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39689/
http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/3303
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan handout berbasis Guided Note Taking pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1, (2) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap handout berbasis Guided Note Taking yang telah dikembangkan pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1, dan (3) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap handout berbasis Guided Note Taking yang telah dikembangkan pada materi koloid kelas XI MAN Banda Aceh 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development dengan tahap (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (desain), (3) pengembangan (development), dan (4) penyebaran (dissiminate). Data penelitian yang diperoleh berupa handout berbasis Guided Note Taking, hasil tanggapan guru dan hasil tanggapan siswa terhadap handout yang dikembangkan pada materi koloid. Penelitian dilakukan di MAN Banda Aceh 1 dengan subjek penelitian 34 orang siswa-siswi kelas XI MIA 5. Handout yang dikembangkan memiliki kriteria penilaian dengan kategori sangat layak dengan persentase 85,41%. Penelitian dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian yang berupa angket tanggapan. Hasil tanggapan positif oleh guru kimia mengenai handout berbasis Guided Note Taking dengan peroleh skor penilaian 98% sedangkan hasil tanggapan siswa mencapai angka 80,26%. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar siswa-siswi pada MAN Banda Aceh 1 memberikan tanggapan positif terhadap handout yang dikembangkan dengan persentase 80,26%. Sehingga perlu adanya pengembangan handout pada materi lain.