Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh
Main Author: | Sari, Sri Adelila |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/39686/2/Text.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39686/3/Similaritas.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39686/1/Reviewers.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39686/ https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/biotik/article/view/240 |
Daftar Isi:
- Kerusakan lingkungan dapat menimbulkan bencana alam. Bencana tersebut dapat mengakibatkan korban jiwa dan harta benda. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang kesiapsiagaan dan kepedulian akan fenomena alam dan diakibatkannya. Dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan diperlukan model pembelajaran, salah satu quantum teaching dengan permainan ular tangga dan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui cara model quantum teaching dalam meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Tempat penelitian Sekolah Dasar Negeri 19 Banda Aceh pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 17 (tujuh belas). Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dengan model quantum teaching dengan menggunakan permainan ular tangga dan engklek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mencapai 82,4% pada siklus pertama dan meningkat menjadi 94,1% pada siklus kedua. Kesimpulan adalah model quantum teaching dapat meningkatkan pengetahuan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi di sekolah dasar negeri 19 Banda Aceh. Hal ini, merupakan upaya mempersiapkan masyarakat melalui siswa sekolah dasar dalam menghadapi bencana gempa bumi yang mungkin, akan terjadi dan tanpa diduga.