Efektivitas Media Simulasi Komputer Berbasis Microsoft Excel Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Penyangga
Main Author: | Sari, Sri Adelila |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/39683/1/Text.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39683/1/Similaritas.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39683/2/Reviewers.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39683/ http://jurnal.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/6599 |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran menjadikanpembelajaranlebih efektif dan efesien.Namun pada kenyataannya, pembelajaran kimia yang dilakukan selama ini belum mampu memanfaatkan computersebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan simulasi komputer berbasis Microsoft Excel terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media pembelajaran simulasi komputer berbasis Microsoft Excel. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designdengan metode Pretest-Postest One Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Simulasi komputer berbasis Microsoft Excel efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga. Pemahaman konsep siswa meningkat dengan nilai N-gain sebesar 89,17pada kategori peningkatan tinggidan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan nilai N-gain sebesar 42,83 pada kategori peningkatan sedang. Tanggapan siswa terhadap media pembelajaran simulasi komputer berbasis Microsoft Excel pada materi larutan penyangga adalah 76,60% pada kategori sangat setuju.