Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran dasar- dasar kontruksi bangunan melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan pada SMKN 2 Binjai. Penelitian dilakukan 2 siklus, dengan materi jenis- jenis konstruksi bangunan gedung, jalan, jembatan dan irigasi. Unuk mengukur aktivitas digunakan lembar observasi dan hasil belajar dengan tes. Sebelum alat ukur digunakan terlebih dahulu di uji coba. Hasil penelitian aktivitas belajar siswa megalami peningkatan dengan nilai rata-rata 70,75 % pada siklus I yang meningkat menjadi 81,74% pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata- rata 73,33 % meningkat menjadi 85,52% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping dapat : 1). Meningkatkan aktivitas belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X program keahlian desain pemodelan dan informasi bangunan SMKN 2 Binjai, 2). Meningkatkan hasil belajar dasar- dasar konstruksi bangunan siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan.