PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training dan konvensional, pengaruh perbedaan sikap ilmiah terhadap hasil belajar fisika siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan perbedaan sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan model pembelajaran inquiry training siswa memiliki rata – rata hasil belajar lebih tinggi dengan nilai sebesar 66,67, siswa dengan sikap ilmiah di atas rata-rata memiliki rata- rata hasil belajar yang lebih tinggi dengan nilai sebesar 68,46. Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh sikap ilmiah, dan interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.