PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DIKELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri21 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, didapatkan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esay pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 7 item pengetahuan konseptual dan lembar observasi aktivitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,27 dan kelas kontrol adalah 34,76 sedangkan rata-rata posttes kelas eksperimen adalah 75,67 dan kelas kontrol adalah 64,97. Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan hasil pengetahuan konseptual fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019.