PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KONTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 BINJAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Aktif Student Created Case Studies terhadap hasil belajar mata pelajaran dasar-dasar kontruksi bangunan pada siswa kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 2 Binjai. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggambil 2 kelas yaitu kelas X DPIB 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Aktif Student Created Case Studies sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model Konvensional yang kemudian akan diberikan post-testpada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post-test masing-masing kelas diperoleh rata-rata skor eksperimen 24,8 dan kelas kontrol memiliki rata�rata skor 23,2. Rata-rata hasil post-test untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan sudah memenuhi kriteria kegtuntasan minimum (KKM) > 75. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t karena hasil analisis yang diperoleh penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat nonparametric , berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa thitung > ttabel 3,61204 > 1,679 maka thitung > ttabel (3,61204 > 1,679) pada taraf signifikan 5 %, berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti ini Maka tegas dapat disimpulkan bahwab Ha diterima yaitu : hasil belajar dasar-dasar kontruksi bangunan menggunakan model pembelajaran aktif student created case studies lebih tenggi dari hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional.