PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN LKPD KONSTRUKTIVISTIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI GERAK HARMONIK DI SMA DHARMA PANCASILA MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbantuan LKPD Konstruktivistik dan pembelajaran konvensional pada materi Gerak Harmonik di SMA Dharma Pancasila Medan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel dalam penelitian diambil secara pertimbangan atau kriteria-kriteria tertentu. Sampel penelitian diambil 2 kelas, yaitu kelas X-MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 1 sebagai kelas kontrol. Jumlah anggota kelas masing-masing sampel adalah 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk essay sebanyak 7 soal dan pengamatan keterampilan siswa. Uji analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak pada α = 0,05. Hasil pengujian hipotesis menggambarkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation berbantuan LKPD Konstruktivistik.