Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI semester II SMA Negeri 7 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice, dan lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 39,84 dan nilai rata-rata kelas kontrol 36,36. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,866 ttabel = 1,998, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 75,303 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 59,242. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 7,97 dan ttabel = 1,998. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dari pertemuan I,II dan III dengan nilai rata-rata 60, 69,69 83,43.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry training berbantuan Laboratorium Virtual (PhET) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi di kelas XI SMA Negeri 7 Medan T,P 2018/2019.