EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PhET SIMULASI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 MEDAN T.A. 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan PhET simulasi, dan mengetahui aktivitas kemampuan berfikir kritis siswa dengan model pembelajaran Inquiry Training berbantuan PhET simulasi. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Medan yang terdiri dari sepuluh kelas MIA. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang yang ditentukan dengan cara Class Random Sampling. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kemampuan awal sama. Diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan simulasi PhET dan konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 89,5 dan kelas kontrol 87,83. Berdasarkan hasil uji t diperoleh ada efek model inquiry training berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok gerak harmonik sederhana di kelas X Semester II SMA Negeri 1 Medan T.A 2018/2019 yang sejalan dengan meningkatnya aktivitas kemampuan berfikir kritis pada setiap pertemuan.