Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Gambar Teknik Listrik siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Jaringan Tenaga Listrik yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 orang. Kelas X TJTL 1 diberikan perlakuan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan kelas X TJTL 2 diberikan perlakuan pembelajaran Ekspositori. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan test objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α) = 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh, thitung = ,916 dan ttabel = 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori.