Daftar Isi:
  • Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha dan Energi di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Pantai Cermin T.P. 2018/2019” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning serta mengetahui aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen X MS1 dan kelas kontrol X MS2 yang berjumlah masing-masing 36 siswa. Data hasil belajar dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan tes pilihan berganda berjumlah 15 item yang telah divalidkan. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 45,19 dan 42,78, kemudian dilakukan uji prasyarat data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data diperoleh Lhitung < Ltabel (0,1463 < 0,1718) untuk kelas eksperimen dan 0,1241 < 0,1610 untuk kelas kontrol sehingga disimpulkan data pretest dari kedua kelas berdistribusi normal. Fhitung < F (1,22 < 2,248) maka sampel yang digunakan dalam penelitian dinyatakan homogen, setelah diberi perlakuan hasil postest kelas eksperimen adalah 79,81 dan kelas kontrol 63,52. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 7,35 dan ttabel = 2,4 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Usaha dan Energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pantai Cermim T.P. 2018/2019.