RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR (SD) BERBASIS BUDAYA LOKAL MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Main Author: | Gaol, Rumiris Lumban |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/39440/1/79.-Rumiris.pdf http://digilib.unimed.ac.id/39440/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/79.-Rumiris.pdf |
Daftar Isi:
- Metode penelitian ini adalah analisis penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu fenomena/peristiwa secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Bentuk penelitian deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Analisi data yang dilakukan adalah analisis pada lembar angket respon sisa terhadap aktifitas belajar siswa dan angket respon terhadap kesesuaian materi pembelajaran tematik berbasis budaya. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah adalah semua siswa SD kelas IV berjumlah 24 orang tahun ajaran 2018/2019. Tempat penelitian ini adalah SDN 156315 Sosorgadong 5 Kecamatan Sosorgadong Barus Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menyebarkan angket kepada siswa. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai skor hasil angket respon siswa terhadap aktifitas belajar siswa sebanyak 80 % hasil menunjukkan bahwa katagori tersebut termasuk katagori kuat sedangkan hasil angket kesesuaian materi pembelajaran tematik berbasis budaya lokal diperoleh nilai skor hasil angket respon siswa sebanyak 79.84 % hasil menunjukkan bahwa katagori tersebut termasuk katagori respon siswa kuat.