Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry dan konvensional terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa yang diberi sikap ilmiah, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inquiry dan konvensional dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 5 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 14 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata–rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inquiry lebih tinggi daripada konvensional yaitu sebesar 69,75 dan 60,50. Berdasarkan hasil uji ANAVA yang dilakukan pada hipotesis I yaitu pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model inquiry dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh data Fhitung = 14,64 dan Ftabel = 3,98. Pada hipotesis II pengaruh sikap ilmiah terhadap hasil belajar antara kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model inquiry dan kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh data Fhitung = 7,51 dan Ftabel = 3,98. Pada hipotesis III interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah terhadap hasil belajar diperoleh data Fhitung = 13,12 dan Ftabel = 3,98. Dari data tersebut maka Fhitung < Ftabel. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran, pengaruh sikap ilmiah, dan interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.