PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI ERA REVOLUSI 4.0

Main Author: Sembiring, Ribka Kariani Br.
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/39416/1/20.-Ribka.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39416/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/20.-Ribka.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran kooperatif PBM (Pembelajaran Berbasis Masalah) dan metode pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa pada matakuliah statistika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD semester 5 yang mengambil mata kuliah Statistika sejumlah 35 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah terdiri dari: (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) Soal evaluasi hasil belajar aspek kognitif yang mengacu pada materi yang telah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik model pembelajaran Jigsaw maupun model pembelajaran PBM dapat meningkatkan hasil belajar kognitif mahasiswa namun bila dibandingkan maka persentase peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa pada kedua metode berbeda secara signifikan.