Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Amanah Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Swasta Amanah Binjai T.A 2018/2019 yang berjumlah 45 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share pada materi bilangan bulat. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 27 siswa (60%) dari 45 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 39 siswa (86,67%) dari 45 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,67%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 69,17 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,97. Peningkatatan nilai rata-rata yaitu sebesar 11,8 dengan Gain Skor sebesar 0,38 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Swasta Amanah Binjai T.A 2018/2019.