UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Think-Pair-Share (TPS) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2018/2019 yang berjumlah 35 orang siswa. Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, terdapat 12 dari 35 siswa (34,28%) yang mencapai ketuntasan belajar klasikal dengan rata-rata 64,33. Setelah pemberian tindakan pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (65,71%) atau ada 23 dari 35 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 70. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah (80%) atau ada 28 dari 40 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan nilai rata-rata 80,29. Hasil penelitian ini membuktian bahwa penerapan model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2018/2019.