Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan dengan populasi 129 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VII-3 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran Learning Cycle di kelas eksperimen dan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menulis teks deskripsi di kelas kontrol. Kemampuan menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 65,2 (termasuk dalam kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 77,18 (termasuk dalam kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0=3,576. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 32-1 = 31, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Nilai t0>ttabel atau 3,576>2,03. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Learning Cycle efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan tahun pembelajaran 2019/2020.