PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL MELALUI PENERAPAN TEORI VAN HIELE TERINTEGRASI DENGAN MULTIMEDIA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN GAYA BELAJAR SISWA

Main Authors: Siregar, Budi Halomoan, Siahaan, Chrystin Yesica
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan PPSD FIP Unimed , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/39217/1/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39217/
https://doi.org/10.24114/jh.v9i2.12021
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan Teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multi-media dibandingkan dengan penerapan metode pengajaran langsung. (2) interaksi antara teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia dan gaya belajar siswa pada peningkatan kemampuan spasial siswa. Populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMP di dua sekolah berbeda yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dari 108 siswa dibagi menjadi tiga kelompok: pelajar visual, pelajar auditori dan pelajar kinestetik. Kelompok eksperimen menjadi sasaran teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia, sedangkan kelompok kontrol dikenakan model pengajaran langsung. Selain itu, dengan menggunakan ANOVA dua arah, hasilnya adalah sebagai berikut: (1) peningkatan kemampuan spasial siswa yang diajarkan oleh teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia lebih baik daripada metode instruksi langsung. (2) Ada interaksi antara geometri pembelajaran berdasarkan teori Van Hiele yang terintegrasi dengan multimedia dan gaya belajar pada peningkatan kemampuan spasial siswa. Selanjutnya, ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan spasial antara siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.