Daftar Isi:
  • Tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa pada kondisi dan tingkat tertentu tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perlakuatau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk mewujudkan hasil belajar yang diharapkan. Menekankan pentingnya penguasaan guru tentang tata bahasa, karena dari rumusan tujuan pembelajaran itulah dapat tergambarkan konsep dan proses berfikir guru yang bersangkutan dan menuangkan idenya tentang pembelajaran. Dengan menggunakan format ABCD kita dapat melihat bagaiamana proses belajar yang tengah berlangsung apakah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang terdapat dalam RPP, melihat bagaimana kemampuan siswa detelaah menilai pembelajaran dan bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung siswa saling bekerja sama dengan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di rencanakan sebelumnya oleh guru khususnya pada bidang pelajaran Bahasa Indonesia.Adapun Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2018/2019” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan Pembelajaran dalam format ABCD ( Audiance, behavior, condition, digree) dalam RPP Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Stabat. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data dari penelitian ini diambil dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru Bahasa Indonesia. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan SMP Negeri 1 Stabat Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan format ABCD sebesar 9,83% dan sebesar 90% tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format ABCD dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran format ABCD belum sesuai dengan tujuan pembelajaran yanga ada di dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) guru Bahasa Indonesia.Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan format ABC sebesar menjadi 99% dan hanya 1% tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format ABC. Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan format AB sebesa 1,09%, dan tujuan pembelajaran yang belum sesuai dengan format AB sebesar 89,91% . Data di atas menunjukan bahwa tujuan pembelajaran format ABCD belum sesuai sepenuhnya dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang digunakan oleh guru Bahasa Indonesia.