Efektivitas Strategi Pembelajaran Aktif Quiz Team terhadap Hasil Belajar Menelaah Teks Biografi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran aktif quiz team terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 21 kelas dengan jumlah 743 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X TG 2 berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 47,83 dengan kategori kurang, sedangkan nilai rata-rata posttest siswa yaitu sebesar 79,67 dengan kategori baik. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung > Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (yaitu 0,127 < 0,161), hasil uji normalitas data post-test adalah (-0,022 < 0,161). Hasil uji homogenitas hasil belajar menelaah teks biografi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,38<4,19 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 13,9 > 2,04, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif quiz team efektif terhadap hasil belajar menelaah teks biografi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2018/2019.