Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemampuan Menganalisis Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan menganalisis isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi tahun pembelajaran 2018/2019. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII 1 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre test post test design. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menganalisis isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 58,00 dengan standar deviasi 13,49; dan 2) kelompok pos test memiliki rata-rata 84,47 dengan standar deviasi 7,75. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick efektif digunakan dalam menganalisi isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi Tahun Pembelajaran 2018/2019.