Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran generatif (generative learning) terhadap kemampuan menulis teks negosiasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 92 siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1Medan. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa yang diambil dari teknik random sampling. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esaidalam penelitian ini adalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata – rata pretest = 56,16 dan standar deviasi = 8,914. Sedangkan nilai rata – rata posttest = 81 dan standar deviasi = 6,247. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan posttest berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas menyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui sebesar 15,473 selanjutnya tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk = (30-1, maka = 2,04 sehingga jika dibandingkan dengan dengan maka > yakni (15,473> 2,04) maka hipotesis nilai ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif (Generative Learning) berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.