Efektivitas Metode Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Think Aloud Pair Problem Solving(TAPPS) terhadap kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa kelas X SMK Negeri 6 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang siswa yang diambil dari teknik random sampling (acak kelas). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t.” Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 55,71, standar deviasi = 6.670, sedangkan nilai rata-rata post-test =72,71, standar deviasi = 7,797. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 11,258 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan satu pihak dimana dk = (n-1, maka ttabel= 2,03 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0> ttabel yakni (11,258 >2,03) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa metode Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) efektif digunakan terhadap pembelajaran menganalisis struktur teks negosiasi siswa kela X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.