Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Berdasarkan Pengamatan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 321 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa atau seluruh siswa kelas XI MIA 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes menuliskan teks Prosedur Kompleks dengan penugasan. Kategori penilaian diambil dari struktur teks proedur kompleks dan kaidah kebahasaan teks prosedur kompleks. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata adalah 68,34, digolongkan pada kategori sangat baik 15,15%, kategori baik 27,27%, kategori cukup 24,24%, dan kategori kurang 33,33%. Setelah dirata-ratakan dengan menggunakan rumus , M = rata-rata nilai, ΣXi = jumlah seluruh nilai siswa dan N = jumlah siswa maka didapatkan hasil yang berada pada kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Berdasarkan Pengamatan Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 berada pada kategori cukup.