Efektivitas Penggunaan Media Stop Motion Terhadap Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Secara Tulis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Simpang Empat Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menceritakan kembali teks biografi secara tulis sebelum menggunakan media Stop Motion. Tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui keterampilan menceritakan kembali teks biografi secara tulis setelah menggunakan media Stop Motion.Dan tujuan yang ketiga mengetahui efektivitas media Stop Motion terhadap hasil pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tulis. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest Posttest Design yaitu ekperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling untuk menetukan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil keterampilan menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis. Tes awal (pretes) = 59 tergolong kurang baik. Standar Deviasi = 9,01 dan Standar Error = 1,67.Tes akhir (postes) = 68,6 tergolong baik. Standar Deviasi = 10,3 dan Standar Error = 1,92. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 3,78, selanjutnya dikonsultasikan pada tabel t dengan pada taraf signifikan 5% dengan df= (n-1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan df 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena to >ttabel 3,78 > 2,04 makahipotesis alternative (ha) diterima. Hal tersebut membuktikan adanya keefektifan yang signifikan keterampilan sesudah menggunakan media Stop Motion.