Pengaruh Strategi Anticipation Guide Terhadap Kemampuan Menelaah Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan strategi anticipation guide berdasarkan teori Tierney yang dominan terlihat dari hasil penelitian pengaruh Strategi Anticipation Guide Terhadap Kemampuan Menelaah Teks Ulasan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengidentifikasi pengaruh yang terdapat dalam pembelajaran teks ulasan yang terlihat dari hasil penelitian dalam menelaah teks ulasan puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan sebanyak 252 siswa. Peneliti menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan penyusunan dengan penyajian kategori jawaban dalam table. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh strategi Anticipation Guide terhadap kemampuan menelaah teks ulasan. Dengan perbandingan tes awal dan tes akhir dikatakan baik berjumlah 36 dan hasil rata-rata tes akhir sebesar 50% dan selisih keberhasilan sebesar 6%