Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut, siswa kurang memahami dengan baik konsep struktur-struktur teks ulasan dengan benar, siswa kesulitan untuk menuangkan ide-ide dalam menulis teks ulasan, pembelajaran menulis lebih banyak disajikan dalam bentuk teori dan tidak banyak melakukan praktik. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan yang berjumlah 220 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 7 kelas, pengambilan sampel dilakukan secara acak( random sampling ). Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII PLUS B. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengkaji aspek-aspek strutur dan kaidah kebahasaan pada teks ulasan karangan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Medan, kemudian mendeskripsikannya secara sistematis. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis teks ulasan berada dalam kategori cukup 74,7%. Dari data juga diperoleh nilai setiap aspek yaitu: (1) nilai struktur teks ulasan adalah 47,12% berada pada kategori kurang, (2) nilai kaidah kebahasaan teks ulasan adalah 51,68% berada pada kurang.