Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel Oleh Siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Medan berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks cerita fabel dalam bentuk essay tes. Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan menulis teks cerita fabel. Tesawal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 61,11 Standar Deviasi = 9,22 dan Standar Error = 1, 59. Tes akhir (post-test) dengan nilai rata-rata 75,63 Standar Deviasi = 10,07 dan Standar Eror = 1,70. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 6,31 ,selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (36-1) = 35. Pada tabel t dengan df 35 pada taraf 5% = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,31 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel.