Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media powtoon terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan berjumlah 330 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain one group pre-test post-test design. Instrument yang digunakan adalah tes menulis teks persuasi dalam bentuk tes essay. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis teks persuasi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 65,81 Standar Deviasi = 9,11 dan Standar Error = 1,51. Tes Akhir (post-test) dengan nilai rata-rata = 78,1 Standar Deviasi = 8,5 dan Standar Error = 1,4. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,96, selanjutnya dikonsultasikan pada tabel t dengan pada taraf signifikan 5% dengan df = (n-1) = (37-1) = 36. Pada tabel t dengan df 36 pada taraf 5% = 2,03. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 5,96 > 2,03, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media powtoon memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan menulis teks persuasi.