Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa sebelum penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan yang kedua untuk mengetahui kemampuan menulis puisis siswa setelah penggunaan media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Tujuan ketiga untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere dalam pembelajaran menulis puisi. Metode penelitianmyang digunakan peneliti adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan untuk penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas atau random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis puisi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat perbedaan hasil kemampuna menulis puisis siswa sebelum dan setelah media pembelajaran berbasis audiovisual yang menggunakan aplikasi adobe premiere. Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) adalah 58, dengan standar deviasi 8,15. Sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan (post-test) adalah 81, dengan standar deviasi 10,27. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa nilai rata-rata menulis puisi setelah perlakuan lebih tinggi daripada sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t” dengan hasil thitung= 13,14 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5%=2,03. Karena uji hipotesis t yang diperoleh lebih besar dari