Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penggunaan pemarkah kohesi gramatikal dalam teks biografi siswa kelas VIII SMP Swasta Khaidir Nur Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019. Untuk mendapatkan data tersebut di atas maka populasi adalah semua siswa kelas VIII berjumlah 96 orang, sebagai sampel diambil sebanyak 25 orang yaitu kelas VIII–4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif, penelitian kualitatif ini menghasilkan data berupa kata-kata. Teknik pengumpulan data berupa teknik analisis dokumen. Aspek gramatikal yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pengacuan (referensi), penyulihan (subtitusi), pelesapan (elipsis), dan perangkaian (konjungsi). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi tahap prapenelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa, jumlah penggunaan kohesi gramatikal yang digunakan yakni 118 pemarkah yang terdiri atas referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Dari 118 pemarkah kohesi gramatikal, pemarkah referensi yang digunakan yaitu 54 pemarkah atau 45,76%. Pemarkah substitusi yang digunakan 3 pemarkah atau 2,54%. Pemarkah elipsis yang digunakan 5 pemarkah atau 4,24%. Dan pemarkah konjungsi yaitu 56 pemarkah atau 47,46%. Dari 118 pemarkah kohesi gramatikal dalam teks biografi, pemarkah yang benarbenar tepat digunakan adalah 103 pemarkah atau 87,29% dengan penjabaran referensi 51 pemarkah atau 43,22 %, substitusi 2 pemarkah atau 1,69%, Pemarkah elipsisis 5 pemarkah atau 4,24%, konjungsi yaitu 45 pemarkah atau 38,14%. Sedangkan ketidaktepatan pemarkah kohesi gramatikal referensi 3 atau 2,54%, substitusi 1 atau 0.85%, elipsis tidak ditemukan kesalahannya dan konjungsi 11 atau 9,32% dari 118 jumlah keseluruhan pemarkah kohesi gramatikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pemarkah kohesi gramatikal pada teks biografi siswa kelas VIII SMP Swasta Khaidir Nur Binjai Tahun Pembelajaran 2018/2019 masuk dalam kategori baik.