Penerapan Media Prezi Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Main Author: Sufajar, Arun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Lainnya
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/39075/6/1.%20NIM%202152111024%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/16/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/4/3.%20NIM.%202152111024%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/2/4.%20NIM.%202152111024%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/4/5.%20NIM.%202152111024%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/7/6.%20NIM.%202152111024%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/5/7.%20NIM.%202152111024%20APPENDICE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/9/8.%20NIM%202152111024%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/8/12.%20NIM%202152111024%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/3/13.%20NIM%202152111024%20BIBILIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/1/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/10/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/11/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/12/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/13/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/14/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/15/2.%20NIM%202152111024%20OPPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/39075/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Setelah Penerapan Media Prezi Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 303 siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Medan. Pengambilan data digunakan dalam bentuk penugasan yaitu menulis teks eksplanasi, yaitu kelas eksperimen 36 siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Dari penelitan yang telah dilakukan maka diperoleh data menunjukkan. Kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum penerapan media prezi termasuk dalam kategori “baik” dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 71,5. Kemampuan siswa menulis teks eksplanasi setelah penerapan media prezi termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 84,41. Berdasarkan data yang diperoleh selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan dk = (N1+N2)-2 = (36+36)-2 = 70. Pada tabel t dengan dk = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,66 dan taraf signifikan 1% = 1,29 Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel , yaitu 1,66<6,86>1,29 , maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulan penerapan media prezi berpengaruh pada kemampuan siswa menulis teks eksplanasi yang dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum dan sesudah diterapkannya media yaitu 71,7 menjadi 84,41, serta dibuktikan kembali dengan uji hipoteses yang menghasilkan kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima.