Pengaruh Model Keliling Kelompok Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model keliling kelompok terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan berjumlah 640 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang diambil secara homogen dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rumus standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen sesudah menggunakan model keliling kelompok = 80,31. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional= 64,84. Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik âtâ. Selanjutnya dari perhitungan hipotesis diperoleh harga t0 = 7,03. Harga ttabel pada signifikan 5%= 1.99 oleh karena itu to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 7.03> 1.99 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alteratif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis bukti yang empirik bahwa model keliling kelompok berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.