Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe team games tournament terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 21 kelas dengan jumlah 743 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X TP 1 berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tesawal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 61,75 dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 84,28 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung>Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1067< 0,1566), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1229< 0,1566). Hasil uji homogenitas kemampuan menganalisis teks negosiasi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,50<4,17 dan uji hipotesisthitung > ttabel yaitu 12,11> 2,040, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament memiliki pengaruh terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.