Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Model Guided Discovery Learning dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Software Autograph Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Software Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Autograph, (2) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelompok gaya belajar konvergen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok gaya belajar divergen, (3) apakah disposisi matematika siswa yang diajar dengan Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Software Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Autograph, (4) apakah disposisi matematika siswa pada kelompok gaya belajar konvergen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok gaya belajar divergen. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan. Penelitian ini menggunakan ANAVA dua jalur 2x2. Kemudian dilanjutkan dengan uji t untuk melihat apakah kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan perhitungan uji statistik t dan dikonfirmasi dengan spss, dapat disimpulkan bahwa (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Software Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Autograph, (2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada kelompok gaya belajar konvergen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok gaya belajar divergen, (3) Disposisi matematika siswa yang diajar dengan Guided Discovery Learning (GDL) berbantuan Software Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Software Autograph dan (4) Disposisi matematika siswa pada kelompok gaya belajar konvergen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok gaya belajar divergen.