Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif berdasarkan indikator, level kognisi, dan ketuntasan belajar, serta kemampuan berpikir kritis dengan sikap ilmiah siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI SMA Negeri se-Kota Tanjungbalai. Penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 163 orang. Kemampuan kognitif dan berpikir kritis siswa diperoleh menggunakan tes dalam bentuk pilihan berganda, sedangkan sikap ilmiah menggunakan angket. Data dianalisis dengan deskriptif dan Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kemampuan kognitif siswa cukup baik (57,75); (2). Kemampuan kognitif siswa berdasarkan indikator cukup baik (53,6%); (3). Kemampuan kognitif siswa berdasarkan level kognisi cukup baik (53,17%); (4). Ketuntasan cukup baik (52,67%). Disimpulkan bahwa perlunya guru memberikan pembelajaran yang bervairasi agar kemampuan kognitif, berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa semakin baik.