Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang inovatif dalam mata pelajaran PJOK materi senam lantai dan menguji efektifitas dari bahan ajar tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP. Penelitian di laksanakan di SMP Negeri 1 Dolok Marsihol. Penelitian ini mengacu kepada metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan dari Borg and Gall. Terdapat dua ahli/pakar yang menjadi validator, yang mana hasil penilaian dari ahli adalah sangat baik (87,11%) dengan beberapa perbaikan. Uji kelompok kecil yang terdiri dari 4 orang guru PJOK di SMP Negeri 1 Dolok Marsihol memberikan penilaian sebesar (78,14%, 74,42%, 76,74% dan 78,60%). Hasil penilaian bahan ajar oleh guru PJOK di sekolah tersebut termasuk dalam kategori baik dengan beberapa perbaikan. Pada uji kelompok besar yaitu kepada 95 orang siswa sebagai objek dari bahan ajar yang dikembangkan memberikan penilaian kategori sangat baik sebanyak 27 orang yaitu 2,4%, kategori baik sebanyak 63 orang atau 66,3% dan kategori cukup baik sebanyak 5 orang atau 5,3%. Hasil evaluasi dari setiap proses penelitian pengembangan telah dilakukan termasuk melakukan revisi atau perbaikan. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembngkan telah layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP. Bahan ajar yang dikembangkan juga diuji efektifitasnya untuk mengetahui bagaimana penggunaan bahan ajar pada praktek sesungguhnya dengan membandingkan pada pembelajaran yang dilakukan dengan metode konvensional. Adapun hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji t-independen. Terdapat 2 ranah yang dilakukan pengujian yaitu ranah kognitif (0,00<0,05) dan ranah psikomotor (0,007<0,05). Dari analisis tersebut menujukkan bahwa hasil belajar tersebut meningkat dan berbeda dengan menggunakan metode belajar konvensional. Penilaian afektif dilakukan pada siswa saat melaksanakan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui sikap dan keseriusan siswa yang mana rata-rata siswa bersikap baik selama proses belajar berlangsung.