Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produkmedia pembelajaran berbasis visual yang layak digunakan, mudah di pelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran anak usia dini. Jenis penelitian pengembangan model pengembangan produk Borg dan Gall model desain pembelajaran Dick dan Carey. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi kualifikasi sangat baik ( 93,13%), (2) uji ahli desain pembelajaran kualifikasi sangat layak ( 93,13 %), (3) uji ahli media pembelajaran kualifikasi sangat layak (93,75 %), (4) uji coba perorangan kualifikasi sangat layak (95,16%), (5) uji coba kelompok kecil kualifikasi sangat layak ( 96,01 %) , dan (6) uji coba lapangan terbatas kualifikasi sangat layak (96,12%), dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar anak usia dini yang diajarkan dengan menggunakan media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga dengan hasil belajar anak usia dini yang diajarkan tanpa menggunakan media belajar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 4,782 > ttabel = 1,679, dengan dk = 9 pada taraf signifikansi α = 0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media belajar berbasis visual menggunakan ular tangga sebesar 82,3% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media belajar 80,8