Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui analisis kebutuhan awal media visual studio yang dikembangkan; (2) memperoleh desain dan pengembangan yang dilakukan pada media visual studio yang dikembangkan; (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran visual studio dengan standar BSNP; (4) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (5) mengetahui pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (6) mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar kimia berbasis spiritual menggunakan model PBL berbantuan media visual studio; (7) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan motivasi; (8) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan kemampuan awal siswa; (9) mengetahui pengaruh interaksi antara motivasi dengan kemampuan awal siswa; (10) mengetahui pengaruh interaksi antara model dengan nilai spiritual; (11) mengetahui pengaruh interaksi antara model, motivasi dan kemampuan awal siswa; (12) mengetahui korelasi antara nilai spiritual dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA/MA dengan kurikulum 2013 kelas XI Semester ganjil T.P 2019/2020. Sampel penelitian adalah siswa MIA 2 dan MIA 3 dengan masing-masing siswa berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket BSNP untuk menguji kelayakan media. Digunakan pula angket motivasi dan spiritual siswa untuk mengukur tingkat motivasi dan spiritual siswa serta tes pilihan berganda untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media visual studio yang dikembangkan sangat dibutuhkan; (2) Desain dan pengembangan yang dilakukan pada media visual studio yang dikembangkan yaitu pembuatan produk media visual studio dan penambahan model Problem Based Learning; (3) tingkat kelayakan media visual studio memiliki kategori layak; (4) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan materi ajar kimia terintegrasi spiritual menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media visual studio(0,667); (5) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio(72,15); (6) terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio(70,55); (7) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio; (8) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio; (9) tidak terdapat interaksi antara motivasi belajar dengan kemampuan awal; (10) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio dengan motivasi belajar dan kemampuan awal; (11) tidak terdapat interaksi antara siswa yang dibelajarkan dengan materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio dengan spiritual; (12) terdapat hubungan yang signifikan antara spiritual siswa materi ajar terintegrasi spiritual dengan model PBL berbantuan media Visual Studio