Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Fantasi pada Buku Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Main Authors: Simatupang, Erna Yuliza, Sihombing, Herianto, Sihite, Oktaviani, Khairunnisa, Riri, Sembiring, Yona Breka
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/38960/1/21.%20Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/38960/
Daftar Isi:
  • Siswa di Indonesia tidak hanya harus cerdas namun juga berkepribadian dan berkarakter yang baik, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dapat dijadikan sarana menumbuhkan karakter siswa, salah satunya melalui cerita pada buku teks siswa, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter menurut kemendikbud melalui cerita fantasi pada buku teks siswa, metode dalam penelitian ini adalah analisis deskripsi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, didapatkan hasil keseluruhan 37,5% nilai penidikan karakter dalam cerita fantasi pada buku teks siswa, dimana hasil ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang ditanamkan pada teks cerita fantasi masih tergolong rendah.