PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR DI PERGURUAN TINGGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis masalah terintegrasi karakter dalam Pembelajaran Kimia Dasar di Perguruan Tinggi pada materi Larutan Asam Basa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tahap Analysis, Design, dan Development merupakan tahap pengembangan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter. Sementara tahap Implementation dan Evaluation merupakan Tahap Pengembangan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 60 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen I menggunakan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter, sedangkan kelas eksperimen II tanpa menggunakan LKM. Berdasarkan kriteria penilaian BNSP, hasil analisis LKM berbasis masalah terintegrasi karakter memperoleh kelayakan isi sebesar 3,49; kelayakan bahasa sebesar 3,42; kelayakan penyajian sebesar3,54; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,33. Rerata N-Gain hasil belajar mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiwa berbasis masalah terintegrasi karakter sebesar 0,83 (tinggi). Hasil uji statistik Paired sample T-Test menunjukkan nilai Sig. (2-Tailed) = 0,000, yang berarti LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penggunaan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan sesuai dengan karateristik materi dan kebutuhan mahasiswa.