Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Blended Learning pada Materi Pokok Rangkaian Listrik Searah di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai lanskep kehidupan menjadi semakin canggih dan berinovasi khususnya di bidang pendidikan. Teknologi Augmented Reality untuk Blended Learning telah mengubah pembelajaran yang konvensional menjadi lebih modern, aktif, efektif, dan meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, keefektifan dan interaksi media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk Blended Learning sebagai media yang dikembangkan dengan desain ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah semua siswa sekolah menengah. Subjek penelitian ini adalah subjek validitas dan subjek implementasi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis media Augmented Reality untuk Blended Learning pada kategori sangat valid dengan rata-rata 89,32%, sangat praktis dengan rata-rata 87,53%, sangat efektif dengan rata-rata 85,95% dan interaksi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada kategori tuntas dengan rata-rata 83,56% serta N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,75. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.