MODEL–MODEL PEMBELAJARAN YANG DISARANKAN UNTUK TINGKAT SMK DALAM MENGHADAPI ABAD 21
Main Author: | Barus, Diana Rosa |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/38932/2/COVER%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38932/1/DAFTAR%20ISI%20PROSIDING%20SNTP%202019.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38932/3/ATP%2064.pdf http://digilib.unimed.ac.id/38932/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran abad 21 secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C yang meliputi (1) Communication (2) Collaboration (3) Critical Thinking and Problem Solving dan (4) Creative and Innovative. pendidikan abad 21 ini penting bagi pendidikan di Indonesia saat ini, karena pendidikan diselenggarakan untuk memfasilitasi anak supaya mereka dapat hidup lebih baik dimasa yang akan dating, baik dari sisi social,budaya,ekonomi,maupun dari sisi lingkungan hidup. Pembelajaran modern abad 21 ada tujuh keterampilan yang harus dimiliki peserta didik, yaitu: (1) Critical Thingking and Probl;em Solving (2) Collaboration across Networks and Leading by Influence (3) Agility and Adaptability (4) Initiative and Enteroreneurialissm (5) Effective Oral and Written Communication (6) Accessing and Analiyzing Information (7) Curiosity and Imagination. Untuk mempersiapkan ini kita perlu cara, trik dan model yang jitu untuk menyikapinya. Guru dan para pendidik diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang terbaik sesuai dengan kondisi anak, lingkungan belajar anak, dan daya dukung yang dimiliki anak.