Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction.2) Mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah. 3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Terpadu NU Tanjung Morawa dan SD IT Tahfizhil Quran Islamic Center Medan. Metode Penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 2, teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan model problem based learning lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model direct instruction. 2) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan menggunakan keterampilan sosial yang tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan menggunakan model direct instruction. 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn.