Daftar Isi:
  • Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash yang dikembangkan; 2) Peningkatan kemampuan spasial siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash yang dikembangkan di kelas XIIMIA-1 dan XIIMIA-2 SMA Negeri 1 Batang Kuis. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Validitas media pembelajaran yang dikembangkan valid, kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari : a) Kevalidan media pembelajaran menurut para ahli; b) Angket uji kepraktisan media pembelajaran matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis dengan skor minimal 76% dan keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari : a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Penggunaan waktu yang ideal. 2) Terjadi peningkatan kemampuan spasial siswa pada uji coba I yaitu 66,67 meningkat menjadi 77,5 pada uji coba II.