Pengembangan Media Mobile Learning Terintegrasi Problem Based Learning Pada Materi Kesetimbangan Kimia
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat kelayakan media pembelajaran mobile learning untuk materi keseimbangan kimia; dan untuk mengetahui perbedaan antara peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran mobile learning (m- learning) terintegrasi problem based learning yang telah dikembangkan dengan media pembelajaran PowerPoint pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan metode R & D (Pengembangan Penelitian) dengan model ADDIE. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 semester II program studi pendidikan kimia yang mengambil mata kuliah dasar ilmu kimia semester genap 2018/2019 di Universitas Negeri Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dalam kursus kimia dasar FMIPA UNIMED departemen semester 2 yang memiliki 25 siswa untuk setiap kelas. Instrumen penelitian adalah angket motivasi dan tes objektif. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif dan analisis statistik dengan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran Mobile Learning yang dikembangkan dikategorikan layak untuk digunakan tetapi masih perlu direvisi dan dikembangkan, (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa (N-gain siswa) untuk materi kesetimbangan kimia yang dipelajari menggunakan media Mobile Learning yang telah dikembangkan di kelas eksperimen I ditemukan lebih tinggi daripada di kelas eksperimen II dengan media power-point (74%> 63%).